BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 14 Desember 2009

TUGAS 1 - KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ETNOGRAFI


Kartika Purnama Sari
10606035 / 4SA01



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ETNOGRAFI


Etnografi Versi Awal

Kelebihan

Etnografi mula – mula dilakukan untuk membangun tingkat – tingkat perkembangan evolusi budaya manusia dari masa manusia mulai muncul di permukaan bumi sampai masa terkini. Para ahli antropologi menerapkan teori evolusi biologi terhadap bahan – bahan tulisan tentang berbagai suku bangsa di dunia, bersumber dari tulisan yang di kumpulkan oleh para musafir, penyebar agama kristen, pengawal pemerintahan kolonial dan penjelajah alam. Tulisan tersebut mereka gunakan untuk melihat perkembangan budaya manusia dari pertama muncul sampai saat ini.

Kekurangan

Para ahli antropologi tidak pernah terjun langsung ke lapangan, sehingga penelitian yang dilakukan kurang lengkap, dan legalitas penelitian semacam ini mulai di pertanyakan karena tidak ada fakta yang mendukung interpretasi para peneliti. Teknik etnografi pada masa itu memerlukan waktu yang lama dalam melakukan penelitian, seperti wawancara yang penjang , berkali – kali, dengan beberapa informan kunci sebagai pelaku sejarah. Orientasi penelitian yang dilakukanpun masih seputar perubahan sosial dan kebudayaan masyarakat.

Etnografi Modern

Kelebihan

Mempelajari kehidupan masa kini yang sedang dijalani oleh anggota masyarakat dan mendeskripsikan serta mebangun struktur sosial dan budaya suatu masyarakat.

Kekurangan

Peneliti tidak terlalu memandang hal-ikhwal yang berhubungan dengan sejarah suatu kelompok masyarakat. Mereka harus melakukan observasi sambil berpartisipasi langsung dalam masyarakat yang di teliti. Struktur sosial dan budaya yang dideskripsikan adalah struktur sosial dan budaya masyarakat menurut interpretasi peneliti, sehingga fakta yang di dapat kurang mendukung interpretasi para peneliti.

Etnografi baru

Kelebihan

Memusatkan usahanya untuk menemukan bagaimana masyarakat mengorganisasikan budaya mereka dalam pikiran mereka dan kemudian menggunakan kebudayaan tersebut dalam kehidupan sehari – hari.

Kekurangan

Para peneliti memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi mengenai struktur sosial dan budaya masyarakat karena bukan menurut interpretasi peneliti, melainkan ada dalam pikiran masyarakat dan itulah yang harus di korek keluar oleh peneliti.

Etnografi Baru ala Spardley

Kelebihan

Mendefinisikan budaya sebagai sistem pengetahuan yang di peroleh manusia melaui proses balajar yang mereka gunakan untuk menginterpretasikan dunia sekelilingnya, sekaligus menyusun strategi perilaku dalam menghadapi dunia sekeliling. Dalam pandangannya, Spardley tidak lagi menganggap antropologi atau etnografi hanya mengamati masyarakat yang terisolasi, melainkan mejadikan etnografi ini sebagai alat yang fundamental untuk memahami masyarakat dalam lingkup kecil maupun masyarakat multikultural di seluruh dunia. Spardley memerhatikan makna tindakan dari kejadiaan yang menimpa orang yang ingin kita pahami melalui kebudayaan mereka. Spardley juga memfokouskan secara khusus pembuatan kesimplan dari apa yang dikatakan orang.

Kekurangan

Menurut spardley cara belajar etnografi adalah dengan melakukannya, kerjakan, da terus kerjakan. Namun untuk mengerjakan secara sistematis, terarah, dan efektif diperlukan metode yang rumit.



0 komentar: