BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 14 Desember 2009

TUGAS 2 - HUBUNGAN ANTARA ETNOGRAFI DAN ANTROPOLOGI

Kartika Purnama Sari
10606035 / 4SA01


HUBUNGAN ANTARA ETNOGRAFI 
DAN ANTROPOLOGI


Etnografi secara harfiah berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku bangsa, yang di tulis seorang antropolog atas penelitian lapangan selama beberapa waktu. Etnografi baik secara laporan penelitian maupun sebagai metode penelitian dapat di anggap sebagai dasar dan asal usul ilmu amtropologi.

Antropologi adalah ilmu yang memberikan ruang bagi identitas – identitas budaya milik komunitas untuk ditampilkan dalam tulisan etnografi. Pada dasarnya ilmu antropologi adalah kegiatan penelitian untuk memahami cara orang – orang berinteraksi dan bekerja sama melalui fenomena teramati dalam kehidupan sehari – hari.

Sejak lima dekade yang lalu, para antropolog telah memanfaatkan etnografi sebagai wahana untuk menuangkan pengalaman dan kajian mereka. Etnografi menjadi sebuah cara yang dianggap paling tepat untuk menggambarkan realitas masyarakat yang diteliti. Dalam tradisi kajian antropologi klasik, etnografi menjadi “jembatan” antara pemikiran teoritis dan realitas kehidupan sehari-hari tanggapan sang antropolog. Tradisi semacam ini meletakkan etnografi sebagai “realitas ketiga”, yakni realitas tulis yang berada di luar realitas subyektif penulis dan realitas obyektif yang dituliskan.

James Spardley mengatakan bahwa kajian lapangan etnografi adalah tonggak antropologi budaya. Namun saat ini, etnografi, sebagai sebuah metode dan tulisan, mulai sering dimanfaatkan oleh kajian budaya (cultural studies), kritik sastra, sastra bandingan, sejarah, dan berbagai disiplin lainnya. Bahkan, etnografi tak lagi menjadi sebuah metode asing di kalangan para pembuat film, terutama mereka yang bergerak di bidang film dokumenter atau mereka yang sekedar ingin menonjolkan corak realisme dalam karya mereka.

Singkatnya bahwa belajar etnografi berarti belajar tentang jantung dari ilmu antropologi, khususnya antropologi sosial.

0 komentar: